PENDEKATAN DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
A. Empat pilar pendidikan yang telah ditetapkan oleh UNESCOantara lain:
a. Learning to know.
Contoh:
melalui percobaan tentang rangkaian listrik sederhana kita dapat mengetahui mengapa lampu dapat menyala.
b. Learning to do.
Contoh:
melalui percobaan tentang rangkaian listrik sederhana kita dapat merangkai sebuah rangkaian listrik sederhana.
c. Learning to be.
Contoh:
belajar untuk mengemukakan pendapat.
d. Learning to live together.
Contoh:
saat berdiskusi secara berkelompok, kita menghargai pendapat orang lain.
B. Inkuiri.
C. Konstruktivisme.
D. STM.
E. Pembelajaran yang demokratis.
Sekolah sebagai pusat kehidupan demokratis melalui proses pembelajaran dilandasi oleh:
• Penghargaan terhadap kemampuan
• Tidak membedakan siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata dengan siswa yang memiliki kemampuan dibawah rata-rata.
• Menjunjung keadilan.
• Penilaian harus objektif, jujur, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki siswa.
• Menerapkan persamaan kesempatan dan keragaman peserta didik.
f.. Jaringan pengetahuan.
a. Mekanisme dalam pengelolaan informasi yang diterima lalu membentuk suatu pemahaman yang sistematis dan bentuk spiral.
b. Agar informasi tersimpan dalam memori jangka panjang, pengelolaan, diskusi yang elaboratif dan pengidentifikasian.
Contoh:
Anak belajar tentang perubahan energi listrik menjadi energi panas kemudian di kaitkan dengan kehidupan sehari-hari, si anak melihat ibunya merapikan pakaian dengan menggunakan setrika listrik yang menghasilkan energi panas sehingga pakaian menjadi rapi.
Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menerapkan pendekatan dalam KBM
1. Analisis Kurikulum.
Menentukan konsep dan tugas yang akan dianalisis, kemudian menentukan tujuan pembelajaran.
Analisis konsep
Dilakukan sebuah analisis terhadap fakta-fakta sehingga kita dapat menggunakan hasil analisis tersebut sebagai materi ajar yang akan diberikan kepada peserta didik.
Analisis Tugas.
Kita menjabarkan kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa agar tujuan pembelajaran tercapai .
Tujuan Pembelajaran.
Hasil yang ingin dicapai dari suatu kegiatan pembelajaran. Dalam menetapkan tujuan pembelajaran harus memuat ABCD dan mengandung KKO (Kata Kerja Operasional). Contoh KKO yaitu mengidentifikasi, menyebutkan, menjelaskan,dll. ABCD yaitu Audience (siswa), Behavior (tingkah laku), Condition (situasi), dan Degree (tingkat pencapaian).
Contoh : Kelas I semester 2
Standar Kompetensi : Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia)
2. Analisis Konsep :
Benda-benda langit:
Matahari, bulan (bulan sabit dan bulan purnama/bulan penuh), dan bintang.
Peristiwa alam:
a. Cuaca
Cuaca mendung yaitu awan gelap menghalangi matahari, bulan, dan bintang. Biasanya pertanda akan hujan. Awan bukan benda langit. Awan gelap berisi banyak butiran air. Air diawan akan jatuh kebumi sebagai hujan. Hujan yang sedikit disebut gerimis. Hujan yang banyak disebut hujan lebat.
Cuaca cerah yaitu matahari, bulan, bintang tidak dihalangi awan gelap
b. Musim.
Musim di Indonesia dibagi dua yaitu:
Musim hujan yaitu keadaan dimana sering turun hujan.
Musim kemarau yaitu keadaan dimana matahari bersinar cerah dan jarang turun hujan.
c. Pengaruh musim terhadap kegiatan manusia.
Musim hujan:
• memakai baju tebal agar tidak kedinginan.
• memakai payung/ jas hujan agar tidak basah.
• petani dapat menanam padi karena banyak air.
• manusia tidak bebas bergerak ketika melaksanakan kegiatan sehari-hari.
• Banjir.
Musim kemarau:
• memakai payung agar tubuh tidak tersengat cahaya matahari.
• menyejukan tubuh dikolam atau pantai.
• memakai pakaian yang lebih tipis dan menyerap keringat.
• petani sulit mendapat air sehingga petani menanam tanaman yang tidak perlu banyak air. Contoh: kedelai dan jagung.
3. Analisis Tugas:
Siswa melakukan pengamatan.
Siswa melakukan diskusi.
4. Tujuan Pembelajaran:
Dengan melakukan pengamatan, siswa dapat menyebutkan minimal 4 benda langit dari benda langit yang ada
Melaui diskusi, siswa dapat menyebutkan minimal 2 contoh peristiwa alam yang sering terjadi
Melalui diskusi, siswa dapat menyebutkan minimal 4 contoh pengaruh peristiwa alam tehadap kegiatan manusia dengan benar
Sabtu, 13 Desember 2008
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar